Pages

Rabu, 04 November 2015

Jangan remehkan tumbuhan Kapu-kapu ini!!!



Pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan keunikan tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu sebagai tanaman hias, tapi keunikan tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu tidak hanya sampai disana saja lho. Tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu ternyata memiliki keunikan lain dalam bidang kesehatan, apakah itu? Inilah jawabannya

Tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu yang merupakan tanaman air yang mengapung dipermukaan air terlihat bagaikan bunga-bunga hijau yang bertaburan di permukaan air akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan rellex ditambah lagi dengan dipadukan dengan tanaman lain seperti lotus atau teratai dan beberapa ikan pasti akan menambah kesejukan dirumah anda, hal ini dapat mengurangi stres dan membuat pikiran menjadi tenang.
Selain mempunyai sifat sejuk dan eksotis tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu juga mempunyai sifat sebagai obat yaitu: rasa herbal tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu agak pedas, bersifat sejuk, berkhasiat antirematik, antiradang, peluruh keringat ( diaforetik), dan kencing (Diuretic). Tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu mengandung flavonoid, tannin, dan polifenol.
Bagian yang dapat digunakan adalah bagian daunnya yang masih segar atau sudah dikeringkan, jangan menggunakan akarnya karena akar tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu mengandung racun..
Penyakit yang dapat diobati oleh Kapu-Kapu atau Apu-Apu adalah:
·         Flu, demam, batuk rejan
·         Pegal linu (rheumatism), memar
·         Bengkak, kencing terasa nyeri
·         Bisul
·         Disentri
Cara pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus saun sebanyak 10-15 gram dengan 2 gelas air rebus sampai tersisa satu gelas air saring kemudian minum 2x yaitu padaa pagi harinya dan sore harinya.
Untuk mengobatan luar
Dapat digunakan untuk mengobati eksim, panu, dan radang kulit. Caranya dengan menggiling halus daun Kapu-Kapu atau Apu-Apulalu peras, air perasan itu digunakan untuk mengompres.
Catatan:
·         Wanita hamil sebaiknya jangan minum Kapu-Kapu atau Apu-Apu
·         Bagian yang dipakai adalah daunnya saja tanpa akar, karena akar memiliki kandungan racun.
Gimana sahabat My flora selain enak dipandang tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu juga memiliki khasiat untuk pengobatan, jadi jangan anggap remeh tanaman Kapu-Kapu atau Apu-Apu ya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About